Rabu, 16 Oktober 2013

sejarah perkembangan blackberry



KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karuniaNyalah, tulisan ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya . Adapun tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Aspek Hukum dalam Ekonomi .
Dengan membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang Sejarah dan Perekonomian Blackberry.  Kami sadar, sebagai seorang mahasiswi  yang masih dalam proses pembelajaran, dalam penulisan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.




Bekasi , 16 Oktober  2013




Pembahasan
Didirikan oleh seorang imigran Yunani di kota Waterloo, Kanada. Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo.
Dia memilih drop out setelah memenangkan kontrak senilai 560 ribu U$ Dollar. Para pesimis mengasumsikan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk Blackberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.
Keunggulan Blackbery adalah mempunyai penampilan yang sangat bersahabat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll dll). Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia.
Sejalan dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan makin turunnya biaya komunikasi, pada akhirnya BlackBery menjadi sebuah fenomena (saat ini kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry.
BlackBerry masuk ke pasar pertama kali dengan memfokuskan diri pada layanan e-mail gegas. Pada awalnya, perangkat BlackBerry hanya memiliki layar monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah memiliki tampilan layar berwarna.


Perkembangan Blackberry
Tahun 2004, RIM merayakan ulang tahunnya yang ke 20 serta pencapaian pelanggan layanan BlackBerry yang menembus angka 1 juta di seluruh dunia. Saat ini, angka tersebut telah berkembang pesat dengan jumlah pelanggan lebih dari 15 juta.
·         Tahun 1997-2001
Ini adalah periode awal kemunculan perangkat BlackBerry yang masih berupa pager dua arah (two way pager). Meski berbentuk pager, perangkat BlackBerry ini sudah tampil beda dengan pager kebanyakan. Selain fiturnya, kehadiran keyboard QWERTY menjadi ciri khas saat itu. Layanan yang di sediakan bagi pelanggan hanya dua,yaitu e-mail dan WAP. Untuk menyediakan layanan itu RIM menggandeng dua penyedia layanan internet nirkabel, mereka adalah Data TAC dan Mobitex. Dua produk menggunakan layanan Data TAC dan tiga produk menggunakan akses Mobitex.

Seri 850 adalah perangkat yang menandai lahirnya BlackBerry di dunia. perangkat ini memililki fitur yang sederhana, layarnya masih menggunakan teknologi monochrome dengan ukuran kecil. Namun seri ini adalah awal dari semuanya, Tahun 2005 perangakat ini mendapat pengakuan dari PC Magazine sebagai 14th greatest gadget of the past 50 years.

·         Tahun 2001-2003
Di periode ini perangkat BlackBerry mulai diberi fasilitas telepon seluler menggunakan teknologi GSM(2G), begitu juga dengan akses datanya . Selain teknologi, desain BlackBerry pun telah terwujud engkap dengan keyboard QWERTY. Makanya RIM mulai mengenalkan BlackBerry sebagai perangkat hp pintar bukan lagi pager dua arah. Sejarah lain yang tercipta di tahun ini adalah mulai ditanamkannya BlackBerry OS. Memiliki user interface dengan susunan menu khas BlackBerry yang sampai sekarang masih jadi patokan. Seri “Quark”merupakan jajaran BlackBerry yang sangat populer pada masa itu. Produk dalam seri “Quark” seperti 6230 telah dilengkapi dengan teknologi java sebagai pendukung platform web browsernya. Selain itu di periode ini pula RIM mengeluarkan untuk pertama kalinya BlackBerry berteknologi CDMA(6750) dengan menggandeng Verizon sebagai operatornya. Namun layarnya masih berteknologi monochrome.

·         Tahun 2003-2004
Salah satu produk yang legendaris dari periode ini adalah 7270. Dilengkapi dengan teknologi WiFi dan menawarkan akses data melalui jaringan WLAN terbatas yang bisa digunakan untuk menjalankan vitur VoIP. RIM mencoba menawarkan pilihan kepada konsumen dengan menggandeng penyedia layanan seluler. Di Amerika, mereka menggandeng iDen untuk menghadirkan fasilitas sensasional BlackBerry yaitu 7510 dan 7520 seperti GPS, komunikasi dua rah (walki talki) dan Bluetooth.

·         Tahun 2004-2006
Dan yang terbaru lagi adalah SureType yang mereka kenalkan ke pasar. Adalah dengan konsep satu tombol memuat dua huruf dan didukung dengan fitur text predictive input seperti teknologi T9 yang sekarang kita kenal. Alasan penerapan SureType ini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna yang kurang suka dengan keyboard QWERTY konvensional. Karena penerapan keyboard ini pula BlackBerry seperti 7100v dan 7130e,memiliki desain yang ramping.

·         Tahun 2006 sampai sekarang
Fitur- fitur baru terus ditanamkan pada perangkat BlackBerry, seperti layar warna yang lebih baik, kamera, slot kartu memori dan aplikasi chating. Dan juga mengenalkan TrackBall sebagai pengganti TrackWheel. Dan ini merupakan perangkat pengakses menu di BlackBerry. Bedanya, TrackWheek menggunakan konsep yang sama dengan TrackWhel di mouse komputer. TrackBall berbentuk bola yang diletakan di bawah layar. Konsep TrackBall di puji banyak kalangan karena aksesnya yang lebih nyaman dan cepat.

Seri 8100 merupakan produk pertama yang menerapkan tombol navigassi TrackBall. RIM mengklasifikasikan produknya ke dalam seri tertentu untuk memudahkan pengguna membedakan keunggulan masing - masing. Nama seri terebut adalah Electron(87xx), pearl(81xx), GammaRay(88xx), Curve(83xx), Bold (9000), Javelin (8900) dan Storm (9500) dengan layar sentuhnya.


Perekonomian Blackberry
Dua pendiri Blackberry rencananya akan mencoba menyelamatkan perusahaan produsen smartphone yang kini tengah terancam oleh eksistensi Android dan iPhone. Mike Lazaridis dan Douglas Fregin berupaya membeli 92 persen saham Blackberry. Dua pentolan itu juga telah merekrut Goldman Sachs and Centerview Partners sebagai penasehat.
Belakangan Blackberry merugi sekitar satu miliar dolar AS karena kalah dalam perebutan pangsa pasar ponsel pintar dunia. Kehadiran dua pendiri diharapkan dapat memecahkan kebuntuan dan mengembalikan kejayaan perusahaan yang masih mengandalkan Blackberry Messenger (BBM). Sementara itu Fairfax Financial Holdings telah menawar Blackberry senilai 4,7 miliar dolar AS, bulan lalu.
Dilaporkan NY Times, beberapa analis mengemukakan pembelian terhadap saham Blackberry tidak akan menguntungkan. Karena perusahaan telah dikepung oleh produk lainnya. Daya saingnya pun dianggap kian menurun dari waktu ke waktu. Dalam beberapa hari terakhir, Blackberry diisukan masuk dalam bursa jual. Dengan begitu, para karyawan perusahaan yang dulu namanya Research In Motion Ltd itu terancam akan kehilangan pekerjaan.


KESIMPULAN
            Dari pembahasan diatas saya dapat menyimpulkan bahwa perkembangan teknologi di dunia ini sudah semakin canggih karena adanya Blackberry yang sudah mulai menguasai dunia dan mengubah gaya hidup masyarakat dunia khususnya di Indonesia dengan berbagai macam aplikasi yang ada di Blackberry tersebut. RIM (Research In Motion) perusahaan yang mengeluarkan teknologi canggih seperti Blackberry tidak selamanya mengalami peningkatan yang signifikan tetapi RIM juga mengalami penurunan penjualan Blackberry karena adanya persaingan perdagangan antara Blackberry dengan Android dan Iphone . Sebab aplikasi yang berada di Android dan Iphone jauh lebih canggih dibandingkan aplikasi yang berada di Blackberry sehingga popularitas Blackberry dimata masyarakat sudah menurun dan perusahaan Blackberry mengalami kerugian besar dan penyebabkan perusahaan tersebut hampir gulung tikar .






Tidak ada komentar:

Posting Komentar