KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami panjatkan
ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karuniaNyalah, tulisan
ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya . Adapun tujuan
penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Aspek Hukum
dalam Ekonomi .
Dengan membuat tugas ini kami
diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang Sejarah dan Perekonomian
Blackberry. Kami sadar, sebagai seorang
mahasiswi yang masih dalam proses
pembelajaran, dalam penulisan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu,
kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna
penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Bekasi , 16
Oktober 2013
Pembahasan
Didirikan oleh seorang imigran Yunani
di kota Waterloo, Kanada. Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan
di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun,
sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo.
Dia memilih drop out setelah memenangkan
kontrak senilai 560 ribu U$ Dollar. Para pesimis mengasumsikan bahwa pesaing besar
akan menenggelamkan produk Blackberry dengan membanjiri pasar dengan produk
yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti nokia,
motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.
Keunggulan Blackbery adalah mempunyai
penampilan yang sangat bersahabat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun
anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll dll).
Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8 juta
pelanggan di seluruh dunia.
Sejalan dengan peningkatan kemampuan
layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan makin
turunnya biaya komunikasi, pada akhirnya BlackBery menjadi sebuah fenomena
(saat ini kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry.
BlackBerry masuk ke pasar pertama kali
dengan memfokuskan diri pada layanan e-mail gegas. Pada awalnya, perangkat
BlackBerry hanya memiliki layar monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah
memiliki tampilan layar berwarna.
Perkembangan Blackberry
Tahun 2004, RIM merayakan ulang
tahunnya yang ke 20 serta pencapaian pelanggan layanan BlackBerry yang menembus
angka 1 juta di seluruh dunia. Saat ini, angka tersebut telah berkembang pesat
dengan jumlah pelanggan lebih dari 15 juta.
·
Tahun 1997-2001
Ini
adalah periode awal kemunculan perangkat BlackBerry yang masih berupa pager dua
arah (two way pager). Meski berbentuk pager, perangkat BlackBerry ini sudah
tampil beda dengan pager kebanyakan. Selain fiturnya, kehadiran keyboard QWERTY
menjadi ciri khas saat itu. Layanan yang di sediakan bagi pelanggan hanya
dua,yaitu e-mail dan WAP. Untuk menyediakan layanan itu RIM menggandeng dua
penyedia layanan internet nirkabel, mereka adalah Data TAC dan Mobitex. Dua
produk menggunakan layanan Data TAC dan tiga produk menggunakan akses Mobitex.
Seri
850 adalah perangkat yang menandai lahirnya BlackBerry di dunia. perangkat ini
memililki fitur yang sederhana, layarnya masih menggunakan teknologi monochrome
dengan ukuran kecil. Namun seri ini adalah awal dari semuanya, Tahun 2005
perangakat ini mendapat pengakuan dari PC Magazine sebagai 14th greatest gadget
of the past 50 years.
·
Tahun 2001-2003
Di
periode ini perangkat BlackBerry mulai diberi fasilitas telepon seluler
menggunakan teknologi GSM(2G), begitu juga dengan akses datanya . Selain
teknologi, desain BlackBerry pun telah terwujud engkap dengan keyboard QWERTY.
Makanya RIM mulai mengenalkan BlackBerry sebagai perangkat hp pintar bukan lagi
pager dua arah. Sejarah lain yang tercipta di tahun ini adalah mulai
ditanamkannya BlackBerry OS. Memiliki user interface dengan susunan menu khas
BlackBerry yang sampai sekarang masih jadi patokan. Seri “Quark”merupakan
jajaran BlackBerry yang sangat populer pada masa itu. Produk dalam seri “Quark”
seperti 6230 telah dilengkapi dengan teknologi java sebagai pendukung platform
web browsernya. Selain itu di periode ini pula RIM mengeluarkan untuk pertama
kalinya BlackBerry berteknologi CDMA(6750) dengan menggandeng Verizon sebagai
operatornya. Namun layarnya masih berteknologi monochrome.
·
Tahun 2003-2004
Salah
satu produk yang legendaris dari periode ini adalah 7270. Dilengkapi dengan
teknologi WiFi dan menawarkan akses data melalui jaringan WLAN terbatas yang
bisa digunakan untuk menjalankan vitur VoIP. RIM mencoba menawarkan pilihan
kepada konsumen dengan menggandeng penyedia layanan seluler. Di Amerika, mereka
menggandeng iDen untuk menghadirkan fasilitas sensasional BlackBerry yaitu 7510
dan 7520 seperti GPS, komunikasi dua rah (walki talki) dan Bluetooth.
·
Tahun 2004-2006
Dan
yang terbaru lagi adalah SureType yang mereka kenalkan ke pasar. Adalah dengan
konsep satu tombol memuat dua huruf dan didukung dengan fitur text predictive
input seperti teknologi T9 yang sekarang kita kenal. Alasan penerapan SureType
ini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna yang kurang suka dengan keyboard
QWERTY konvensional. Karena penerapan keyboard ini pula BlackBerry seperti
7100v dan 7130e,memiliki desain yang ramping.
·
Tahun 2006 sampai sekarang
Fitur-
fitur baru terus ditanamkan pada perangkat BlackBerry, seperti layar warna yang
lebih baik, kamera, slot kartu memori dan aplikasi chating. Dan juga
mengenalkan TrackBall sebagai pengganti TrackWheel. Dan ini merupakan perangkat
pengakses menu di BlackBerry. Bedanya, TrackWheek menggunakan konsep yang sama
dengan TrackWhel di mouse komputer. TrackBall berbentuk bola yang diletakan di
bawah layar. Konsep TrackBall di puji banyak kalangan karena aksesnya yang
lebih nyaman dan cepat.
Seri
8100 merupakan produk pertama yang menerapkan tombol navigassi TrackBall. RIM
mengklasifikasikan produknya ke dalam seri tertentu untuk memudahkan pengguna
membedakan keunggulan masing - masing. Nama seri terebut adalah Electron(87xx),
pearl(81xx), GammaRay(88xx), Curve(83xx), Bold (9000), Javelin (8900) dan Storm
(9500) dengan layar sentuhnya.
Perekonomian Blackberry
Dua pendiri Blackberry rencananya
akan mencoba menyelamatkan perusahaan produsen smartphone yang kini tengah
terancam oleh eksistensi Android dan iPhone. Mike Lazaridis dan Douglas Fregin berupaya membeli 92 persen saham
Blackberry. Dua pentolan itu juga telah merekrut Goldman Sachs and Centerview
Partners sebagai penasehat.
Belakangan Blackberry merugi
sekitar satu miliar dolar AS karena kalah dalam perebutan pangsa pasar ponsel
pintar dunia. Kehadiran dua pendiri diharapkan dapat memecahkan kebuntuan dan
mengembalikan kejayaan perusahaan yang masih mengandalkan Blackberry Messenger
(BBM). Sementara itu Fairfax Financial Holdings telah menawar Blackberry
senilai 4,7 miliar dolar AS, bulan lalu.
Dilaporkan NY Times, beberapa analis
mengemukakan pembelian terhadap saham Blackberry tidak akan menguntungkan.
Karena perusahaan telah dikepung oleh produk lainnya. Daya saingnya pun
dianggap kian menurun dari waktu ke waktu. Dalam beberapa hari terakhir,
Blackberry diisukan masuk dalam bursa jual. Dengan begitu, para karyawan
perusahaan yang dulu namanya Research In Motion Ltd itu terancam akan
kehilangan pekerjaan.
KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas saya dapat menyimpulkan bahwa
perkembangan teknologi di dunia ini sudah semakin canggih karena adanya
Blackberry yang sudah mulai menguasai dunia dan mengubah gaya hidup masyarakat
dunia khususnya di Indonesia dengan berbagai macam aplikasi yang ada di
Blackberry tersebut. RIM (Research In Motion) perusahaan yang mengeluarkan
teknologi canggih seperti Blackberry tidak selamanya mengalami peningkatan yang
signifikan tetapi RIM juga mengalami penurunan penjualan Blackberry karena
adanya persaingan perdagangan antara Blackberry dengan Android dan Iphone .
Sebab aplikasi yang berada di Android dan Iphone jauh lebih canggih
dibandingkan aplikasi yang berada di Blackberry sehingga popularitas Blackberry
dimata masyarakat sudah menurun dan perusahaan Blackberry mengalami kerugian
besar dan penyebabkan perusahaan tersebut hampir gulung tikar .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar